Mempertahankan Tradisi Pioneer sebagai Wujud Tiga Pilar Program Studi Marine Engineering

Solidaritas, cinta himpunan, dan Umbreal merupakan hal yang sudah umum untuk Keluarga Mahasiswa Marine Engineering. Ketiga hal tersebut sudah diajarkan sejak awal semester memasuki masa perkuliahan. Hal ini menunjukan betapa kuatnya tradisi yang sudah diajarkan oleh alumni-alumni tertua lulusan Marine Engineering. Mulai dari mempererat tali silaturahmi antar sesama keluarga mahasiswa, membanggakan program studi dalam segala bidang dan tidak melepas koneksi dengan alumni dari program studi Marine Engineering selalu diajarkan secara turun temurun.

Pada awal tahun 2018 lalu, untuk mewujudkan tradisi tersebut dalam bentuk yang real, teman-teman Keluarga Mahasiswa Marine Engineering yang diprakarsai oleh angkatan 2017 membentuk suatu acara yaitu “Pioneer To Be The Best”. Dalam acara tersebut dibuatlah serangkaian kegiatan yang terdiri dari “Marine Engineering Contribution Day” dan “Malam Keakraban”. Dalam kegiatan “Marine Engineering Contribution Day” atau lebih akrab disebut “ME Contribution Day” diisi kegiatan yang berupa kerja bakti membersihkan sebagian wilayah kampus atau lebih tepatnya di taman sebelah selatan lapangan basket PPNS atau biasa disebut DPR (Dibawah Pohon Rindang). Selain membersihkan, warga Marine Engineering juga mengecat kursi beton dan memberikan payung kanopi  untuk tempat duduk yang ada di tempat tersebut. Dalam acara ini turut dihadiri oleh mahasiswa aktif dan dosen-dosen dari program studi  Marine Engineering begitupun dana dari pengecatan dan pemberian payung kanopi juga merupakan hasil partsipasi dari para alumni program studi Marine Engineering.

Diakhir dari acara Pioneer to be The Best dihari yang sama dengan kegiatan ME Contribution day pada tanggal 24 Februari 2018 malamnya, dibuatlah kegiatan untuk menyatukan setiap angkatan warga Marine Engineering yang berupa malam keakraban. Kegiatan ini diisi dengan penampilan hiburan seperti penampilan music akustik serta fungames untuk semua peserta. Dalam hal ini diharapkan penat kuliah dan kerja bakti di pagi hari bisa terobati. “Acara ini sangat bermanfaat untuk kita agar lebih memperhatikan daerah kampus dan malamnya juga disajikan hiburan dengan konsep acara yang menghibur sekali” tutur Fanny salah satu peserta acara Pioneer to be the Best.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *