Pembelajaran Aktif dengan Study Excursion

Proses belajar mengajar merupakan merupakan proses yang sistematik, artinya proses yang dilakukan oleh guru dan siswa di tempat belajar dengan melibatkan sub-sub, bagian, komponen-komponen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan (Martinis Yamin, 2007: 59). Sering kali mahasiswa merasa jenuh dengan sistem pembelajaran dikelas yang sangat padat dengan materi. Disisi lain, pembelajaran dikelas juga tidak sepenuhnya dapat memberikan pembelajaran secara nyata tentang konsep-konsep yang diberikan. Di Politeknik sebenarnya juga memberikan sistem pembelajaran yang berbeda dari universitas yakni bobot praktikum yang lebih besar dari teori. Di PPNS sendiri bobot kuliah yang digunakan untuk D3 55% Praktikum dan 45% Teori, sedangkan untuk D4 bobot untuk praktikum 56% dan teori 44%.

Tidak hanya pembelajaran di kampus, Program Studi Marine Engineering juga mengadakan kunjungan industri yang mana tidak hanya mengunjungi tetapi juga mahasiswa juga bisa belajar dengan lebih detail tentang hal-hal yang dipelajari di kamus. Pada tanggal 30 Agustus lalu Mahasiswa Marine Engineering angkatan 2016 melakukan kunjungan industri atau yang lebih akrab disebut “Study Excursion” di salah satu galangan di Gresik yaitu PT Orela Shipyard Kec. Panceng Kabupaten Gresik. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok yang mana setiap kelompok mengunjungi tempat yang berbeda, kelompok pertama mengunjungi kapal yang sedang proses repair, dan kelompok yang lain mengunjungi workshop yang ada di galangan tersebut. Perlengkapan seperti lifebouy, perlengkapan geladak, dan layout dari kapal dapat dilihat secara langsung pada kegiatan ini. Tidak hanya itu, bahkan mahasiswa bisa memasuki ruang kamar mesin.

Acara ini berlangsung hingga sore hari dan diakhiri dengan foto bersama dengan pendamping yang mendampingi mahasiswa selama mengelilingi galangan. Yang mana pendamping ini juga merupakan Alumni dari program studi Marine Engineering. Suasana selama kegiatanpun cukup menyenangkan dan tidak jenuh karena pendamping juga menjelaskan secara riil seperti apa dunia Industri sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *