Prospek Perempuan Marine Engineering di Perkuliahan dan Dunia Kerja

Bersama Alumni k-18 Alifa Septiana

Dalam kehidupan ini selayaknya manusia, kita semua akan menjalani proses pendewasaannya. Sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga lulus SMA merupakan sebuah anugerah, tetapi kuliah adalah pilihan. Tujuan yang akan dicapai rata-rata calon mahasiswa adalah sama, yaitu mencari ilmu sembari memantapkan diri sebelum naik ke dunia kerja. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya identik dengan penawaran masa pembelajaran kuliah yang tak hanya berfokus pada teori tetapi juga sangat menonjolkan praktek dimana hal ini bertujuan menjadikan lulusan sebagai orang yang siap berkarir dan diterima bekerja di perusahaan.

Melalui acara bernama “ PODCAST KESMA”, tim himpunan kami mendapatkan kesempatan untuk berbincang dan berdiskusi langsung dengan salah satu alumni ME k-18. Alifia Septiana biasa dipanggil Kak Nana, memberikan cukup banyak informasi dan juga pandangan tentang kuliah hingga bekerja dengan latar belakangan mahasiswi teknik permesinan kapal. Dalam kesempatan tersebut, Kak Nana mengupas habis perihal yang dialami sebagai salah satu dari enam mahasiswi di angkatan k-18 D3 ME dan juga perjuangan Kak Nana yang harus bekerja dulu setelah lulus kuliah sebelum akhirnya memilih melanjutkan studi sembari bekerja.

Lingkungan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dianggap sangat baik sehingga kak Nana tidak merasakan perbedaan signifikan dalam perkuliahan teori maupun praktek, bahkan mampu menumbuhkan pemikiran bahwa dengan kesempatan yang sama para perempuan dapat bersaing secara sehat dengan lelaki pada bidang teknik. Bagi Kak Nana semuanya bergantung kepada pilihan para mahasiswi, “Apakah kalian siap mengambil tantangan?”.

Kesempatan bekerja yang diterima setelah mengambil kuliah pada realitasnya juga sama, ditunjukan dengan kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya bekerja sama dengan PT Trakindo membuka rekruitmen besar-besaran untuk lulusan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Kak Nana merupakan salah satu diantara sekian banyak lulusan yang diterima disana.

Untuk mengetahui lebih jelasnya percakapan seru antara tim moderator dengan Kak Nana, Anda dapat langsung mendengar Podcast bincang-bincangnya pada IG TV Himpunan Mahasiswa Marine Engineering (himame_ppns). Yang kami tautkan pada kalimat biru dibawah berikut.

Podcast With Alumni Part 1

Podcast With Alumni Part 2

“ UNTUK SELURUH MAHASISWA/I ATAU CALON MAHASISWA/I DI LUAR SANA, MULAILAH TENTUKAN PILIHAN KALIAN, CARILAH CELAH PELUANG DAN SELESAIKAN TANTANGAN ITU DENGAN TETAP MENIKMATI PROSESNYA. JANGAN MAU DIPETAKAN OLEH GENDER, JANGAN PULA PARA MAHASISWI INI MAU KALAH HANYA KARENA MERASA LEMAH DAN MINDER KARENA MASUK DI JURUSAN DENGAN MAYORITAS PELAJAR LELAKI. BANYAK PEREMPUAN HEBAT DI LUAR SANA YANG MAMPU MEMIMPIN DUNIA MENJADI LEBIH BAIK DI TANGANNYA, DAN MUNGKIN KAMULAH SALAH SATUNYA.”

Mari daftarkan diri ke kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya!

Sumber bacaan : dikutip dari ” Podcast with Alumni ME ” dengan penggubahan seperlunya

Sumber gambar : “ Podcast with Alumni ME

Penulis : Ika Permata Sari

Editor : Danisy Yusuf Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *